Harga Box Motor Samping Dan Belakang Oktober 2018 Semua Merk

Selamat datang di website kami yang mempublish berbagai macam artikel tentang perkembangan dunia otomotif yang mungkin Anda butuhkan berjudul, Harga Box Motor Samping Dan Belakang Oktober 2018 Semua Merk.

Box Motor Samping – Banyak aksesori motor yang kita kenal saat ini. Aksesori ini juga ada yang memudahkan pengendara saat perjalanan. Contohnya adalah box motor, tidak mengherankan kalau sekarang banyak yang mencari informasi mengenai daftar harga box motor. Bagi orang yang gemar touring, mungkin sudah berteman baik dengan perangkat tambahan pada motor yang satu ini.

Box untuk motor ini pada dasarnya dipakai supaya pengguna bisa membawa lebih banyak barang bawaan. Seperti yang diketahui bersama, kebanyakan sepeda motor yang dijual di Indonesia mempunyai kapasitas bagasi yang terbatas. Alhasil hanya barang-barang kecil saja yang bisa termuat di dalamnya.

Hal ini tentu akan merepotkan jika pengendara ingin melakukan perjalanan jauh atau mudik yang mengharuskan membawa banyak perlengkapan. Dengan menggunakan box motor, Anda bisa membawa barang bawaan yang lebih banyak. Di samping itu barang bawaan Anda juga akan lebih aman. Sebab box ini biasanya dirancang dari bahan plastik atau lainnya yang cukup kuat dan tahan air. Dengan begitu tidak perlu takut barang bawaan basah saat hujan turun.

Baca Juga : Harga Box Motor Givi Terbaru

Hanya saja selain mempunyai kelebihan, menggunakan box motor juga ada kekurangannya. Box ini biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar yang dapat mengakibatkan kesulitan bermanuver pada pengendara. Selain itu box motor juga akan membuat beban kerja motor lebih berat sebab bobotnya yang memang cukup berat dan mengganggu kestabilan motor serta keaerodinamisan jadi terhambat. Penumpang belakang juga akan mengalami kesulitan saat hendak menaiki motor karena posisi box ini memang berada di belakang.

Box motor sendiri ada dua jenis, yaitu sidebox dan top box.  Berikut panduan cara memilih box motor yang tepat.

Pilih berdasarkan ukuran dan kapasitasnya

Yang pertama yang harus anda perhatikan adalah ukuran motor. Sesuaikan ukuran box dengan motor anda. Box yang terlalu besar malah berbahaya.  Bila terlalu lebar atau panjang akan membuat motor tidak stabil. Selain itu, box dengan ukuran terlalu lebar akan menyulitkan saat hendak melewati jalan sempit ataupun menyalip kendaraan di depan anda.  Oleh karena itu, pilih box motor yang ukurannya sesuai dengan motor anda sehingga tidak menyulitkan dan membahayakan anda sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Jika perlu, pilih box motor yang ketika dipasang tidak menonjol ke belakang.

Di Indonesia sendiri juga sudah terdapat aturan tentang pemasangan box motor, yaitu untuk sidebox, box motor tidak boleh melebihi lebar terluar motor dan panjangnya harus disesuaikan dengan struktur sasis motor. Sedangkan untuk topbox ketinggiannya tidak melebihi 900 milimeter diatas tempat duduk pengemudi.

Sebenarnya jika diperlukan, anda bisa memilih produk dengan kapasitas yang besar, akan tetapi, jika anda hanya membawa sedikit barang, box dengan kapasitas kecilpun sudah cukup fungsional.

Sesuaikan kapasitas box dengan kapasitas mesin dan tujuan penggunaannya

Harus anda ketahui bahwa kapasitas box mempengaruhi kapasitas mesin. Semakin berat box motor anda, tentu saja motor anda juga akan semakin berat sehingga kecepatannya akan menurun. Untuk mesin motor dengan kapasitas 125 cc, sebaiknya anda memilih box motor berkapasitas maksimal 30 liter. Sedangkan untuk motor berkapasitas mesin 240-400 cc, anda dapat memilih box motor dengan kapasitas maksimal 35 liter. Dan jika mesin motor anda berkapasitas lebih dari 400 cc, anda dapat membeli box dengan kapasitas lebih dari 50 liter.

Selain itu, sesuaikan juga kapasitas box motor anda dengan tujuan penggunaannya. Jika box motor hanya digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti jaket, helm, jas hujan atau bahkan belanjaan, box dengan kapasitas 25 liter saja sudah cukup. Akan tetapi jika anda hendak melakukan touring dan membawa banyak perlengkapan, box dengan kapasitas lebih dari 30 liter dapat menjadi pilihan.

Sesuaikan bobot box agar motor tetap stabil

Ketika memasang box, perhatikan batas beban muatan yang dapat ditolerir motor anda. Setiap motor memiliki batas beban muatan yang berbeda. Perhatikan berat beban muatan anda agar tidak melebihi beban muatan barang yang diizinkan.

Pilih box dengan bobot yang ringan agar memudahkan anda ketika membongkar-pasang box dari motor anda.

Pilih box motor yang sudah satu paket dengan bracket-nya

Box motor akan lebih stabil dan terpasang dengan erat jika dipasangkan dengan dudukan yang khusus dibuat untuk box motor tersebut. Disamping itu, box motor akan lebih mudah dibongkar-pasang jika dipasang pada dudukan bawaannya.

Untuk memasang plate/dudukan, anda juga memerlukan bracket. Bila box motor yang anda beli tidak menyertakan bracketnya, anda dapat membelinya secara terpisah di toko online maupun toko terdekat. Pilih bracket asli yang memang diproduksi khusus untuk box motor anda agar ukurannya sesuai.

Hindari memasang box motor dengan menggunakan karet atau tali pengikat. Selain membuat motor tidak stabil, hal ini juga sangat membahayakan pengendara ataupun pengguna jalan yang lain.

Pilih produk dengan sistem keamanan yang memadai

Hal yang harus juga menjadi perhatian anda ketika membeli box motor adalah masalah keamanannya. Terutama jika anda menggunakan box motor untuk menyimpan barang berharga. Plate memang memudahkan anda untuk memasang dan melepas box motor. Akan tetapi, box motor anda juga bisa saja dilepas secara paksa dari platenya.

Oleh karena itu, pilih box motor dengan keamanan yang memadai. Anda bisa memilih box dengan celah yang sempit antara box dan platenya sehingga orang tidak dapat memasukkan tangan ke dalam celah tersebut untuk melepas box secara paksa dari plate-nya. Selain itu, anda juga dapat memilih box yang hanya bisa dilepas dari plate-nya dengan menggunakan kunci anda.

Kenyamanan saat menggunakan box

Pada awal pemakaian mungkin pengendara akan merasa ketidakstabilan di bagian setang motor. Setang akan goyang pada saat dikendarai. Hal ini disebabkan karena titik keseimbangan motor berpindah, yang tadinya di tengah-tengah, pindah ke buritan motor.

Namun jangan khawatir, karena hal tersebut biasanya hanya berlangsung sementara karena pengendara belum terbiasa. Jika kestabilan masih terasa saat berkendara, cek bracket box yang digunakan. Apakah box miring ke kiri atau ke kanan, bracket pegangan box, jarak buritan dan box harus pas, supaya motor anda stabil kembali.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan tersebut, ada banyak merek box motor berkualitas di pasaran. Apabila Anda ingin tahu harganya, simak daftar berikut ini.

Daftar Harga Box Motor

Harga box motor sebagai aksesoris motor memang cukup mahal. Akan tetapi pemakaian box motor akan memungkinkan pengguna bisa membawa banyak barang bawaan. Sebelum membeli, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada penjual mengenai model mana yang cocok dengan motor Anda.

Source:

harga variasi bok motor,kotak bagasi motor harley