Mobil Bekas Murah Dibawah 30 Juta Update Bulan November 2018

Selamat datang di website kami yang mempublish berbagai macam artikel tentang perkembangan dunia otomotif yang mungkin Anda butuhkan berjudul, Mobil Bekas Murah Dibawah 30 Juta Update Bulan November 2018.

Harga Mobil Murah Dibawah 30 Juta – Harga mobil yang semakin lama semakin mahal, ditambah harga pajak yang semakin tinggi menyebabkan orang yang beralih membeli mobil bekas. Karena mobil bukanproduk investasi, maka harganya akan semakin turun seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini lah yang mendorong mobil bekas dibawah 30 juta tetap diminati oleh masyarakat hingga saat ini. Harga mobil bekas murah memang mempunyai penggemar tersendiri di bursa mobil bekas. Bahkan mobil seken ini juga masih dijual bebas di situs jual beli mobil bekas.

Umumnya, ketika kita mendengar kata bekas pasti yang terlintas di pikiran kita adalah mobil dengan kualitas buruk, sudah sangat tua, rongsokan, dan sebagainya. Tetapi tidak semua mobil bekas memiliki kondisi seperti itu loh. Banyak mobil bekas yang masih memiliki kualitas bagus. Disinilah dibutuhkan kejelian dari anda sebelum memutuskan membeli mobil bekas. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas agar anda mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga murah.

1. Riset Sebelum Membeli

Sebelum anda membeli mobil, ada baiknya anda melakukan riset sedalam-dalamnya mengenai mobil bekas. Riset mengenai mobil bekas dapat anda peroleh dari berbagai sumber, baik dari teman, keluarga, majalah-majalah otomotif, ataupun dari media sosial ataupun situs-situs otomotif.

Cari tahu mengenai spesifikasi mobil, perbandingan setiap mobil maupun harga mobil. Pelajari dengan baik setiap informasi yang masuk. Semakin bayak informasi yang anda peroleh dapat membantu anda menentukan mobil bekas yang berkualitas.

2. Tentukan Tempat Membeli

Saat ini banyak pilihan jika anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, baik langsung dari penjual, showroom, maupun perantara. Cara yang paling mudah adalah membeli langsung kepada pemilik mobil. Karena pemilik lebih mengetahui kondisi dan perawatan mobil yang akan ia jual.

Jika anda memutuskan membeli melalui dealer atau showroom, anda akan memiliki lebih banyak. Akan tetapi tentu saja harga yang akan anda peroleh juga lebih mahal dan anda tidak akan dapat menggali informasi lebih dalam tentang mobil yang akan anda beli. Mobil bisa saja telah diservice terlebih dahulu.

Selain melalui pemilik langsung dan dealer/showroom, cara lain yang dapat anda lakukan untuk membeli mobil bekas adalah melalui perantara. Dalam hal ini anda juga harus berhati-hati, pastikan bahwa perantara benar-benar memahami tentang mobil yang akan anda beli. Selain itu, sama seperti ketika anda membeli melalui dealer/showroom, harga beli mobil bekas yang anda keluarkan tentu juga lebih besar dibanding jika anda membeli langsung kepada pemilik mobil.

3. Kenali Sejarah Mobil

Mengetahui sejarah mobil tersebut adalah hal yang penting untuk menghindari kerugian yang muncul di kemudian hari. Tanyakan secara detail tentang hal ini kepada penjual.

Ada baiknya anda menghindari mobil bekas yang pernah tabrakan hebat, terendam banjir, dan odometernya bisa diatur ulang. Ketiga hal tersebut dapat berpengaruh pada performa mobil di kemudian hari. Tanyakan pula apakah mobil tersebut pernah menjadi mobil sewaan atau mobil sitaan perusahaan leasing, untuk menghindari resiko kerugian pada anda.

4. Periksa Bodi Mobil

Bagian pertama yang paling mudah untuk anda periksa adalah bagian fisik atau bodi mobil. Perhatikan kondisi cat mobil, apakah ada goresan, penyok, karat, ataukah masih mulus.

Jangan lupa memperhatikan juga bagian ban mobil. Jika ban sudah mulai menipis, berarti ada kemungkinan anda harus menggantinya nanti. Lampu hingga kolong mobil juga jangan sampai luput dari perhatian kita. Pastikan kondisi fisik mobil masih dalam keadaan prima.

5. Periksa Bagian Dalam Mobil

Selain memperhatikan bagian bodi mobil, jangan lupa pula memeriksa bagian dalam mobil. Perhatikan plafon mobil, apakah kondisinya masih tebal dan bagus ataukah sudah mulai menipis. Hal ini perlu anda perhatikan karena plafon akan melindungi suhu  udara di dalam mobil, terutama pada siang hari.

Selain plafon, beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah:

  • Jok mobil dan sarungnya
  • Kondisi AC apakah masih berfungsi atau tidak
  • Odometer atau jarak tempuh mobil. Dalam kondisi normal, rata-rata sebuah mobil akan menempuh jarak 16.000-24.000 km dalam setahun
  • Semua lampu berfungsi sesuai fungsinya
  • Sensor parkir, kamera parkir, CD, radio, ataupun TV

6. Periksa Catatan Servis Kendaraan

Demi keamanan dan kenyamann anda, pilihlah mobil yang rutin diservis dan apabila terjadi pergantian komponen usahakan yang original. Dengan demikian berarti mobil tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Mobil yang diservis dan dirawat dengan rutin tentunya akan memiliki performa yang baik. Biasanya pihak bengkel akan menuliskan catatan servis berkala dan komponen apa saja yang telah diganti. Hal ini akan mempermudah anda dalam menilai performa mobil bekas tersebut.

7. Cek Performa Mesin Mobil

Bagian ini adalah tahap paling penting dari proses pengecekan mobil. Periksa dengan cermat dan teliti, caranya:

  • Hidupkan mesin mobil
  • Perhatikan bunyi mesin mobil yang menyala
  • Jika mesin mudah distarter, suara mobil terdengar halus dan tidak kasar, berarti mesin masih dalam kondisi bagus
  • Apabila suara mobil terdengar kasar, tanyakan kepada pemilik atau penjual mobil penyebabnya dan cek kerusakannya. Jika hal ini terjadi, mungkin anda perlu mempertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut

8. Lakukan Test Drive

Setelah mengecek catatan servis dan kondisi mesin kendaraan, bukan berarti bahwa mobil itu akan berfungsi dengan baik. Cobalah uji coba ke jalan atau test drive untuk mengetahui performa mobil sebenarnya. Perhatikan suara mesin, getaran, dan asap pada knalpot mobil tersebut.

  • Cek juga kaki-kaki mobil ketika melewati jalan yang tidak rata
  • Cek kondisi rem. Jika ada  getaran pada pedal rem atau bunyi mendecit, sebaiknya pertimbangkan kembali niat anda untuk membeli mobil tersebut. Atau anda dapat bernegosiasi harga dengan pemilik untuk perbaikan rem.

Lakukan test drive dengan teliti, jangan terburu-buru menilai karena kondisi mesin yang sebenarnya baru akan terlihat setelah dipakai beberapa lama atau dibawa jalan beberapa jauh. Lebih baik dianggap sebagai pembeli yang rewel daripada menyesal di kemudian hari.

9. Periksa Kelengkapan Surat

Surat-surat kendaraan wajib anda perhatikan ketika anda membeli mobil. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK. Pastikan bahwa mobil yang akan anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Hal ini untuk memudahkan anda ketika akan mengurus balik nama ataupun urusan administrasi lainnya.

10. Cek Fisik Kelengkapan Surat

Karena saat ini banyak orang memalsukan BPKB dan STNK untuk menjual mobil hasil curian, agar lebih meyakinkan kita dapat melakukan cek fisik di kantor samsat. Melalui cek fisik ini anda dapat memastikan kesesuaian data dan informasi yang tertera pada BPKB dan STNK. Anda dapat mengkomunikasikan cek fisik ini dengan pemilik mobil. Biasanya pemilik akan menyetujui hal ini jika anda yakin akan membeli mobilnya.

Kunci dalam membeli mobil bekas adalah sabar dan jangan tergesa-gesa, karena akan mendorong anda untuk melakukan 5 kesalahan umum di atas dan hanya akan menimbulkan penyesalan nantinya. Teliti sebelum membeli akan menghindarkan anda dari kerugian yang tidak perlu.

Jika anda tertarik untuk membeli mobil bekas, berikut kami kupas beberapa harga mobil murah dibawah 30 juta. Ada apa saja pilihan yang bisa dibeli. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Harga Mobil Bekas Rp 20 Jutaan

Toyota Corona Twin Cam 1988-1991

Mobil bekas Toyota ini ditawarkan dalam pilihan mesin 1.600 cc dan 2.000 cc. Akan tetapi Corona Twin Cam tergolong mobil boros bensin sehingga kurang cocok untuk Anda yang ingin serba hemat. harga mobil bekas Toyota ini Rp 23 jutaan.

Toyota Kijang Super 1988

Jika ingin MPV bekas, bisa memilih Kijang Super karena mobil ini cukup terkenal pada zamannya. Kabin lega tentu menjadi daya tarik dari mobil ini. Harganya sekitar Rp 20 jutaan.

Suzuki Amenity 1990-1991

Pecinta mobil Suzuki bisa memilih Amenity yang mempunyai fitur cukup melimpah. harga mobil bekas Suzuki ini Rp 23 jutaan.

Mazda 323 Trendy 1988-1989

Mobil Mazda juga mempunyai peminat tersendiri, termasuk Mazda 323 Trendy yang harganya tak kalah terjangkau. Harga Mazda 323 Trendy ini Rp 20 jutaan.

Honda Civic 1981

Honda Civic menjadi pilihan menarik lainnya untuk para pencari mobil bekas murah dibawah 30 juta. Harga mobil bekas Honda ini Rp 22 jutaan.

Honda Accord Maestro 1990

Selain Civic, Accord Maestro bisa dipilih untuk pencari mobil sedan bekas murah. Harga Honda Accord tahun 1990 ini Rp 25 jutaan.

Toyota Corolla 1983-1985

Mobil ini menawarkan mesin 1.300 cc dengan bagasi yang cukup lapang. Harga Corolla berkisar Rp 23 jutan.

Toyota Starlet 1985

Starlet menjadi plihan mobil bekas dibawah 30 juta berikutnya. Harga Toyota Starlet sekitar Rp 24 jutaan.

Suzuki Katana 1991

Suzuki Katana juga cukup menarik dengan tawaran performa offroad yang memikat. Harga Suzuki Katana di pasaran Rp 22 jutaan.

Mazda MR 90 1988

Mobil Mazda yang satu ini juga tak kalah menarik meski populasinya tidak banyak. Harganya sekitar Rp 10 jutaan sampai Rp 22 jutaan.

Baca Juga : Harga Mobil Bekas Dibawah 50 Juta

Chevrolet Trooper 1986

Jika suka mobil Amerika, Trooper bisa menjadi pilihan. Harga mobil bekas Chevrolet ini Rp 20 jutaan.

Peugeot 405 Sti 1994

Mobil Eropa bekas ini juga tak kalah menarik dengan kualitasnya yang terkenal. Harga mobil Peugeot ini Rp 19 jutaan.

Sekian informasi dari kami seputar mobil bekas dibawah 30 juta.