Honda PCX 2018 vs Yamaha NMAX, Perbandingan Spesifikasi Skutik Bongsor

Selamat datang di website kami yang mempublish berbagai macam artikel tentang perkembangan dunia otomotif yang mungkin Anda butuhkan berjudul, Honda PCX 2018 vs Yamaha NMAX, Perbandingan Spesifikasi Skutik Bongsor.

Honda PCX vs Yamaha NMAX – Yamaha NMAX kini mempunyai lawan yang sepadan. Pasalnya Honda akhirnya menghadirkan PCX 150 versi lokal. Dengan hadirnya Honda PXC 150 buatan Indonesia, maka harga motor Honda ini bisa lebih kompetitif.

Tidak hanya itu saja, motor matic Honda ini merupakan generasi terbaru. Artinya ada cukup banyak pembaruan yang diberikan pada motor ini yang membuatnya lebih menarik dari model sebelumnya.

Lantas dengan bekal tersebut mampukah Honda PCX menyaingi Yamaha NMAX yang sudah mendominasi pasar motor matic bongsor 150 cc di Indonesia? Berikut adalah komparasi keduanya.

Desain

Pertama-tama mari kita lihat desainnya. Honda PXC mengusung tampilan yang lebih segar dan modern. Daya tarik terdapat pada lampu yang sudah LED. Desain lampu depan juga tampak futuristik.

Sementara itu Yamaha NMAX mempunyai desain yang elegan dan kalem. Bodinya terlihat bongsor dan dikombinasikan dengan lampu depan dengan desain unik. Soal mana yang terbaik, itu tergantung ke selera konsumen.

Fitur

Untuk urusan fitur, ada sedikit kemiripan di antara keduanya. Seperti panel meter yang sudah sama-sama mengusung model full digital. Pada Honda PCX terdapat DC out yang memungkinkan pengendara untuk mengisi daya gadget miliknya.

Sementara Yamaha NMAX dilengkapi suspensi sub tank yang akan memberikan kenyamanan lebih baik selama perjalanan. Untuk urusan ini NMAX lebih unggul sebab PCX mengandalkan suspensi standar.

Melirik bagian roda, Honda PCX 150 mengusung ban depan berukuran 90/90 dan ban belakang berukuran 100/90. Ban ini dikombinasikan dengan pelek berukuran 14 inci.

Selain itu juga terdapat rem cakram di depan dan belakang. Hadir pula fitur Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock braking system (ABS) yang akan meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Di sisi Yamaha NAMX terdapat pelek berdiameter 13 inci yang dipadukan ban depan berukuran 110/70-13 dan belakang 130/70-13. Pemakaian ban lebar membuat kaki-kaki NMAX lebih kekar. DI samping itu juga ada fitur ABS yang tersedia untuk varian tertinggi.

Mesin

Untuk urusan dapur pacu, Honda PCX 150 dilengkapi dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 149 cc SOHC, fuel injection. Mesin ini juga membawa teknologi eSP (Enhanced Smart Power), ACG starter dan Idling Stop System (ISS).

Berbekal mesin ini Honda PXC 2018 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 12,9 dk pada putaran 8.500 rpm dengan torsi 13,1 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Tenaga tersebut sedikit lebih rendah dari Yamaha NMAX. Mesin berkapasitas 155 cc yang disematkan pada motor Yamaha ini mempunyai output daya sebesar 13,7 dk pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi puncaknya 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Yamaha NMAX dilengkapi dengan Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) yang fungsinya mengatur kerja empat klep.

Meski kalah dalam urusan tenaga, Honda PCX mempunyai catatan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Motor Honda ini diklaim bisa mencatat efisiensi BBM hingga 42 km/liter. Sementara Yamaha NMAX mencapai 34 km/liter.

Harga

Harga motor Yamaha NMAX terbaru di Indonesia mencapai Rp 26,3 juta untuk tipe standar. Sementara tipe ABS dilepas dengan banderol harga Rp 30,2 juta. Lalu harga Honda PCX 150 mencapai Rp 27,7 juta untuk tipe CBS dan Rp 30,7 juta untuk tipe ABS.

Selisih harga yang tipis di antara kedua motor ini bisa membuat konsumen kebingungan akan memilih yang mana. Kedua motor ini mempunyai tawaran fitur yang sama-sama menarik. Meski dalam beberapa hal ada perbedaan dan kekurangan.

Bagaimana, lebih suka yang mana? Apakah Honda PCX 2018 atau Yamaha NMAX?